Selamat Datang di Dunia Jelajah Forensics Digital | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Pengertian SHA1 dan Sejarah SHA1

Posted by Unknown Selasa, 10 Mei 2016 0 komentar
Secure Hash Algorithm (SHA) dikembangkan oleh NIST (National Institue of Standars and Technology) dan digunakan bersama DSS (Digital Signature Standart). SHA-1 adalah revisi terhadap SHA yang dipublikasikan pada tahun SHA disebut aman karena dirancang sedemikian rupa sehingga secara komputasi tidak mungkin menemukan pesan yang berkoresponden denganmessage digest yang diberikan. SHA1 memiliki panjang 20 bytes atau 40 karakter, contohnya: 356a192b7913b04c54574d18c28d46e6395428ab.


Pada tahun 1993, NIST (National Institute of Standards and Technology) dan NSA (National Security Agency) mendesain dan mempublikasikan SHA. SHA kemudian berkembang dan mengalami revisi pada tahun 1995 menjadi SHA 1 yang telah diadopsi oleh Amerika sebagai fungsi hash dalam skema digital signature algorithm (DSA) dalam FIPS 180-1 serta diadopsi juga oleh Internet RFC3174-nb. SHA 1 pada dasarnya merupakan hasik rekonstruksi struktur pada algoritma MD4.

SHA 1 memetakan inputan string dengan panjang sembarang menjadi suatu nilai hash dengan panjang tetap yaitu 160 bit. Ukuran internal state pada SHA 1 adalah 160 bit, sedangkan ukuran bloknya adalah 64 bytes.

Sebelum muncul SHA 1, terdapat pula SHA 0 yang termasuk dalam keluarga SHA. Banyak ahli kriptografi yang mengadakan penelitian terhadap kripanalisis SHA 0 dan ditemukan beberapa fakta mengenai perkembangan kripanalisis tersebut.

Fakta-fakta tersebut antara lain:

1. Pada saat konferensi CRYPTO 98, dua orang peneliti dari Perancis mempresentasikan sebuah attack terhadap SHA 0 dimana collisions dapat ditemukan dengan kompleksitas 261. 

Nilai kompleksitas tersebut lebih rendah dari nilai kompleksitas ideal suatu hash function, yaitu 280. 

2. Pada tahun 2004, Chen dan Biham telah berhasil menemukan near-collisions untuk SHA 0, yaitu menemukan dua berita yang hampir mempunyai nilai hash yang sama dimana dari 160 bit output yang dihasilkan, ternyata 142 bitnya sama. Mereka juga menemukan full collisions pada SHA 0 dengan 62 round dari total 80 round. 

3. Pada 12 Agustus 2004, sebuah collision untuk full SHA 0 diumumkan oleh empat orang peneliti yaitu Joux, Carribault, Lemuet, dan Jalby. Dengan menggunakan Chabaud dan Joux attack, ternyata ditemukan collision dengan kompleksitas 251 dan membutuhkan 80.000 jam dengan menggunakan superkomputer yang di dalamnya terdapat 256 buah prosesor Itanium 2. 

4. Pada 17 Agustus 2004, saat Rump Session CRYPTO 2004, sebuah hasil pendahuluan diumumkan oleh Wang, Feng, Lai, dan Yu tentang attack terhadap SHA 0, MD 5 dan fungsi hash lainnya. Kompleksitas attack mereka terhadap SHA 0 adalah sekitar 240, jauh lebih baik dibandingkan attack yang dilakuka oleh Joux dan lainnya. 

5. Pada Februari 2005, Wang, Yiqun Lisa Yin, dan Yu kembali melakukan sebuah attack.

Mereka menemukan collision pada SHA 0 dalam 239 operasi. Dari hasil kripanalisis tersebut, beberapa ahli kriptografi menyarankan untuk menggunakan SHA 1 sebagai kriptosistem yang baru. Dalam FIPS disebutkan bahwa SHA-1 bisa dikatakan aman karena secara komputasi tidak mungkin menemukan sebuah pesan berpasangan jika diberikan message digestnya, atau secara komputasi tidak mungkin menemukan dua pesan yang berbeda dimana menghasilkan message digest yang sama. 

SHA dikatakan aman karena tidak mungkin secara komputasional untuk menemukan pesan yang berpasangan dengan sebuah message digest tertentu. Selain itu, tidak mungkin juga secara komputasional untuk menghasilkan dua pesan berbeda yang menghasilkan message digest yang sama.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengertian SHA1 dan Sejarah SHA1
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://jelajahforensik.blogspot.com/2016/05/pengertian-sha1-dan-sejarah-sha1.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Jelajah Forensik Digital.