Selamat Datang di Dunia Jelajah Forensics Digital | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Sejarah perkembangan Digital Forensik

Posted by Unknown Rabu, 23 Maret 2016 0 komentar
Definisi Digital Forensik
Istilah forensik dapat didefinisikan sebagai penerapan ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah hukum. Definisi yang paling popular tentang digital forensik berasal dari definisi komputer forensik yaitu teknik pengumpulan, analisis, dan penyajian barang bukti elektronik untuk digunakan untuk menyelesaikan masalah hukum dalam persidangan.

Menurut Ruby Alamsyah digital forensik adalah ilmu yang menganalisa barang bukti digital sehingga dapat dipertanggungjawabkan di pengadilan. Barang bukti digital merupakan hasil ekstrak dari barang bukti elektronik seperti Personal Komputer, mobilephone, notebook, server, alat teknologi apapun yang mempunyai media penyimpanan dan bisa dianalisa.


Menurut Eoghan Casey : “Semua barang bukti informasi atau data baik yang tersimpan maupun yang melintas pada sistem jaringan digital, yang dapat dipertanggungjawabkan di depan pengadilan”

Menurut Scientific Working Group on Digital Evidence : “Informasi yang disimpan atau dikirimkan dalam bentuk digital.”

Menurut FBI ini berarti ilmu mengenalisis dan mempresentasikan data yang sudah diproses secara elektronik dan disimpa dalam media komputer.

Penggunaan metode ilmiah terhadap penjagaan, pengumpulan, validasi, identifikasi, analisis, interpretasi, dokumentasi dan presentasi bukti digital yang berasal dari sumber-sumber digital guna memfasilitasi atau melanjutkan rekontruksi terhadap kejadian tindak pidana (scientific working group on digital evidence, 2007).

Sedangkan menurut Noblett, Digital Forensik adalah ilmu yang berperan untuk mengambil, menjaga, mengembalikan, dan menyajikan data yang telah diproses secara elektronik dan disimpan di media komputer. 

Menurut Ruby Alamsyah, digital forensik atau terkadang disebut komputer forensik adalah ilmu yang menganalisa barang bukti digital sehingga dapat dipertanggungjawabkan di pengadilan. Barang bukti digital tersebut termasuk handphone, notebook, server, alat teknologi apapun yang mempunyai media penyimpanan dan bisa dianalisa. 

Jadi dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa digital forensik merupakan teknik atau cara menangani barang bukti digital untuk diproses dan menghasilkan informasi yang berguna untuk keperluan pengadilan. 

Sejarah perkembangan Digital Forensik
Sejarah Perkembangan Forensika Digital dimulai dari tahun 1970an. Semuanya bermula ketika seorang investigasi menemukan beberapa kegiatan kejahatan yang berhubungan dengan computer. Sehingga setiap tahunnya terjadi perkembangan untuk mengantisipasi dan menyelesaikan permasalahan yang ada. Mulai diadakannya pelatihan-pelatihan, konferensi hingga berdirinya sebuah laboratorium forensic.

Untuk lebih jelasnya bagaimana perkembangan forensic digital, kita bisa melihat Tabel Timeline Digital Forensik dibawah ini :
Tahun
Timeline Sejarah Digital Forensik
1970an
Kasus kejahatan pertama yang terjadi yang melibatkan komputer tertama penipuan keuangan
1980an
Investigasi keuangan dan pengadilan menyadari bahwa kasus yang sering terjadi, barang bukti yang ditemukan hanya ada dalam computer. Kemudian mulai diadakanya training untuk forensic computer
1984
Terbentuk FBI Magnetic Media Program yang kemudian berubah nama menjadi Computer Analysis and Response Team (CART)
1987
Berdirinya Acces Data yang merupakan Perusahaan Cyber Forensik pertama
1988
Berdirinya International Association of Computer Investigation Specialists dan untuk pertama kalinya diadakannya Seized Computer Evidence Recovery Specialist (SCERS)
1993
Pertama kalinya diadakannya Konferensi International mengenai barang bukti computer
1995
Berdirinya “International Organization on Computer Evidence (IOCE)
1997
Negara G8 di Moscow mendeklarasikan bahwa penegak hukum harus dilatih dan diberi peralatan untuk menangani kasus kejahatan yang melibatkan tekhnologi yang caanggih
1998
Pada Bulan Maret G8 ditunjuk untuk membuat prinsip-prinsip, pedoman dan tata cata internasional yang bekaitan dengan barang bukti. Interpool juga menerbitkan Simposium Forensik Science
1999
FBI Computer Analysis and Response Team (CART) menangani lebih dari 2000 kasus dan menganalisa 17 Terabyte data
2000
Pertama kali Berdirinya Laboratorium Forensik Regional FBI
2003
FBI Computer Analysis and Response Team (CART) menangani lebih dari 6500 kasus dan menganalisa 782 Terabyte data


Referensi :
  • Digital forensics. (n.d.). Retrieved Maret 23, 2016, from https://en.wikipedia.org/wiki/Digital_forensics 
  • Computer Forensic History. (n.d.).Retrieved Maret 23, 2016, from http://www.forensics-research.com/index.php/computer-forensics/computer-forensics-history/ 
  • Digital Forensic. (n.d.) Retrieved Maret 23, 2016, from https://www.techopedia.com/definition/27805/digital-forensics 

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sejarah perkembangan Digital Forensik
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://jelajahforensik.blogspot.com/2016/03/sejarah-dan-penjelasan-ilmu-forensik.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Jelajah Forensik Digital.