Selamat Datang di Dunia Jelajah Forensics Digital | Mari Berbagi | Terimakasih Atas Kunjungannya....!!

Locard’s exchange principle dan Kaitannya dengan Digital Forensik

Posted by Unknown Rabu, 23 Maret 2016 0 komentar
Prinsip Locard’S adalah suatu konsep yang telah dikembangkan oleh Dr. Edmond Locard (1877-1966). Locard berspekulasi bahwa setiap kali kamu menghubungi orang lain, tempat, atau hal lain,itu mengakibatkan suatu pertukaran material secara fisik. Ia percaya bahwa dimanapun suatu kejahatan pasti meninggalkan bukti, seperti: mencakup DNA, sidik jari, jejak kaki, rambut, sel kulit, darah, cairan, potongan pakaian, dll. Pada peristiwa itu, mereka juga akan mengambil sesuatu yang dapat menghilangkan jejak.


Dalam ilmu forensik, prinsip Locard Exchange (atau kadang disebut prinsip Locard) menyatakan bahwa pelaku kejahatan akan membawa sesuatu ke TKP dan akan meninggalkan sesuatu dari apa yang dibawanya itu, dan keduanya dapat digunakan sebagai bukti forensik.

Dalam bukunya “Crime investigation: physical evidence and the police laboratory”, Paul L. Kirk menyatakan prinsipnya sebagai berikut:

“Di mana pun seseorang melangkah, apa pun yang dia sentuh, apapun yang dia tinggalkan, secara tidak sadar, itu bisa menjadi saksi bisu terhadap diri orang tersebut. Tidak hanya sidik jari atau jejak kaki, akan tetapi rambutnya, benang dari pakaiannya, kaca yang dia pecahkan, alat-alat yang dia gunakan, lukisan dia goreskan, darah atau air mani yang dia tinggalkan. Semua ini akan menjadi saksi bisu terhadap dirinya. dan akan menjadi bukti yang tidak bisa dibantahkan. itu semua merupakan bukti faktual. Bukti fisik itu tidak mungkin salah, hanya kegagalan manusia untuk menemukan, menganalisa dan memahaminya, yang menjadikannya tidak terlalu bernilai.”

Kaitan Locard Exchange dengan Digital Forensik
Untuk menggambarkan konsep locard exchange dalam dunia cyber crime, dapat diambil sebuah contoh pencurian identitas, dimana identitas seseorang dicuri dan pelaku berniat untuk menggunakan informasi yang ia dapatkan secara legal untuk mendapatkan keuntungan melalui tindakan kriminal. Pelaku cyber crime melakukan pencurian identitas menggunakan trojan horse dan keyboard logger pada komputer korban. Orang bisa saja berpendapat bahwa selama ini konsep locard exchange tidak berlaku dalam kejahatan cyber crime.

Kenapa ini bisa terjadi?? Penyebabnya adalah karena tidak ada orang yang menyaksikan dan berada pada lokasi kejadian, tidak ada bukti seperti jejak manusia atau media digital yang ditemukan dilokasi kejadian.

Namun pada kenyataannya, mungkin banyak bukti digital seperti trojan horse, perubahan password, adanya log digital, dan sebagainya yang didapatkan dari komputer korban. Dengan demikian, dalam contoh ini ada jejak, di, ke, untuk dan dari maupun adegan pada lokasi kejadian. Mungkin dapat juga ditemukannya bukti ataupun jejak lain dilokasi kejadian pada perangkat lainnya di satu tempat kejadian. 

Dalam dunia fisik, pelaku mungkin secara tidak sengaja meninggalkan sidik jari atau rambut dan mengambil serat pada lokasi kejadian. Misalnya, dalam sebuah kasus pembunuhan pelaku bisa saja mencoba untuk membuat catatan jika korban ingin melakukan bunuh diri pada komputer korban, dalam membuat catatan tersebut pastinya pelaku akan meninggalkan sidik jari pada keyboard. Dari salah satu bukti yang didapatkan tersebut penyidik dapat menunjukan kemungkinan yang kuat bahwa pelaku ada pada lokasi kejadian. Dari dua bukti antara pelaku dan lokasi kejadian menjadikannya lebih kuat dimata hukum dan mudah untuk di reka ulang kejadiannya. Bukti digital dapat mengungkapkan kontak yang terjadi anata pelaku dan korban, aktivitas yang terjadi secara online dan informasi digital lainnya yang dapat dijadikan bukti untuk penyelidikan.


Referensi :

  • Eoghan Casey. (2011). Digital Evidence and Computer Crime Forensic Science, Computer and The Internet. In Third Edition.
  • Ken Zatyko, & Dr. John Bay. (2011). The Digital Forensics Cyber Exchange Principle. Retrieved Maret 23, 2016, from http://www.forensicmag.com/articles/2011/12/digital-forensics-cyber-exchange-principle
  • Locard, E. (n.d.). Edmond Locard |The Forensics Library. Retrieved from http://aboutforensics.co.uk/edmond-locard/
  • Locard, E. (2012). Locards Exchange Principle. Retrieved Maret 23, 2016, from http://www.forensichandbook.com/locards-exchange-principle/
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Locard’s exchange principle dan Kaitannya dengan Digital Forensik
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://jelajahforensik.blogspot.com/2016/03/locards-exchange-principle-dan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Modified by info update - Panduan Blogging SEO. Original by Bamz | Copyright of Jelajah Forensik Digital.